Mantap Rafael Alun Trisambodo Diduga Terima Gratifikasi Selama 12 Tahun, Status Sama Kayak Mario Dandy Jadi Tersangka

Rafael Alun Trisambodo ditetapkan oleh KPK sebagai tersangka dalam kasus dugaan gratifikasi yang dilakukan olehnya, selama belasan tahun.

Nurdin Syah
Kamis, 30 Maret 2023 | 15:01 WIB
Mantap Rafael Alun Trisambodo Diduga Terima Gratifikasi Selama 12 Tahun, Status Sama Kayak Mario Dandy Jadi Tersangka
Rafael Alun Trisambodo jadi tersangka dalam kasus dugaan penerimaan gratifikasi, usai KPK menemukan sejumlah adanya unsur pidana dan barang bukti yang cukup. (Foto: Suara.com - Alfian Winanto)

SuaraPekanbaru.id- Rafael Alun Trisambodo ayah dari Mario Danddy sekaligus mantan pejabat yang ada di lingkungan kantor pajak Kementerian Keuangan, ditetapkan menjadi tersangka.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menatapkan Rafael Alun sebagai tersangka dalam kasus dugaan gratifikasi, yang diterima olehnya di Ditjen Pajak Kemenkeu. Ada dugaan kalau hal itu sudah berlangsung selama 12 tahun, terhitung dari tahun 2011 sampai dengan 2023.

Menurut Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Fikri, mengatakan status perkara dari Rafael Alun sudah ditingkatkan ke penyidikan. Hal ini dilakukan KPK setelah mereka menemukan adanya unsur pidana.

"Jadi ada dugaan pidana korupsinya telah kami temukan. Terkait dengan dugaan korupsi penerimaan sesuatu oleh pemeriksa pajak (Rafael Alun) pada Ditjen Pajak Kemenkeu tahun 2011-2023," ucap Ali kepada wartawan di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (30/3/2023).

Baca Juga:KPK Cium Bau Korupsi Kelas Kakap di Pelabuhan Bebas Bintan Kepri soal Cukai Rokok, Negara Rugi Ratusan Miliar

Usai KPK menemukan alat bukti yang cukup, baru Rafael Alun ditetapkan menjadi tersangka dugaan gratifikasi.

"Kami temukan peristiwa pidana dan dari bukti permulaan yang cukup," jelas Ali.

Terakhir Rafael bersama istrinya Ernie Mieke datang ke kantor KPK di hari Jumat (24/3) kemarin, termasuk dengan anaknya. Keduanya diperiksa oleh KPK selama kurnag lebih 12 jam.

Anak Rafael Alun terlebih dahulu meninggalkan Gedung KPK.

Rafael Alun dan istrinya Ernie Meike ketika diperiksa di gedung KPK beberapa waktu lalu. KPK pun akhirnya menetapkan Rafael sebagai tersangka dugaan gratifikasi. [Foto: Suara.com/ ANTARA FOTO - Aditya Pradana Putra]
Rafael Alun dan istrinya Ernie Meike ketika diperiksa di gedung KPK beberapa waktu lalu. KPK pun akhirnya menetapkan Rafael sebagai tersangka dugaan gratifikasi. (sumber: Foto: Suara.com/ ANTARA FOTO - Aditya Pradana Putra)

Seperti yang dikethaui, kalau harta kekayan yang dimiliki Rafael disorot pasca perilaku Mario Dandy menganiaya David Ozora. Ada kejanggalan setelah ditelusuri harta kekayaan Rafael Alun di LHKPN miliknya.

Baca Juga:KPK Mulai Turun 'Endus' Asal Usul Harta Kekayaan Sekda Riau, Anak dan Istri SF Hariyanto Doyan Pamer Barang Mewah

Dalam laporan tertulis, kalau Rafael Alun punya kekayaan seniali Rp56 miliar. Setelah dilihat lebih jauh. Terkait dengan janggalnya harta milik dia, akhrinya semakin terkuak satu persatu.

PPATK mengatakan kalau pihaknya menemukan nomine yang dilakukan oleh Rafael, dalam transaksi keuangannya.

Ada temuan transaksi sekitar Rp500 miliar, yang berasal dari 40 rekening bank milik Rafael dan keluarganya. (*)

Berita

Terkini

Usai menggelar usaha jual baju bekas, kini ayu ting ting mengumpulkan uang sebesar Rp40 Juta untuk membeli sembako dan dibagikan kepada masyarakat.

Hiburan | 14:41 WIB

Imbas viral video syur mirip Rebecca Klopper, rupanya berdampak pada kondisi Fadly Faisal yang disebut mendadak drop.

Hiburan | 14:21 WIB

Oseng kambing merupakan hidangan yang terkenal. Olahan dari kambing ini biasanya terkenal ketika menjelang idul adha. Tertarik untuk membuat? berikut resep dan cara membuat oseng kambing mercon spesial.

Gaya Hidup | 07:17 WIB

Terungkap Arya Saloka, ternyata Amanda Manopo sudah saling kenal sebelum main bareng di sinetron Ikatan Cinta. Hal ini diakui Arya Saloka saat diwawancara awak media. Soal bahas gosip adanya hubungan Arya Saloka dan Amanda Manopo. Pantas membuat Putri Anne terus frustasi oleh mereka.

Hiburan | 06:49 WIB

Peneliti ASA Indonesia Institute, Reza Indragiri Amriel menyatakan, bahwa Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo perlu mengeluarkan surat perintah tentang netralitas Polri pada Pemilu Presiden 2024.

Berita | 06:42 WIB

Resep terong crispy sampai rasanya kriuk banget. 1. terong 2. telur 3. tepung terigu 4. tepung roti 5. garam 6. penyedap rasa 7. air secukupnya. Tips buat terong crispy juga sangat mudah. Hanya modal oleskan bahan dan masak 4-5 langsung jadi cemilan yang paling enak.

Gaya Hidup | 06:36 WIB

Resep ikan baung asam pedas salah satu menu makanan khas Riau. 1. ikan baung 2. jeruk nipis 3. daun salam 4. daun jeruk 5. sereh 6. daun kunyit 7. garam 8. belimbing wuluh dan nanas 9. bawang merah 10. bawang putih 11. jahe 12. lengkuas 13. kemiri 14. kunyit 15. cabe merah.

Gaya Hidup | 06:22 WIB

Sempat sindir Amanda Manopo pelakor. Putri Anne kembali menunjukkan amarahnya ke Arya Saloka. Pemeran Aldebaran di Ikatan Cinta itu akan kena karma. Meski kesal, Putri Anne masih butuh kehangatan dan pelukan dari suami tercintanya.

Hiburan | 05:56 WIB

Resep jasuke toast jadi cemilan paling enak. 1. buah jagung 2. roti tawar 3. keju 4. krimer kental manis 5. margarin 7. gula halus. Jasuke toast cocok banget jadi ide usaha untuk jualan kecil-kecilan. Cara buat jasuke toast terhitung gampang dengan rasa yang enak dan creamnya sampai lumer banget.

Gaya Hidup | 05:37 WIB

Bocoran pemain baru yang akan perkuat Persija Jakarta di Liga 1 2023-2024. Thomas Doll mengatakan, Macan Kemayoran mencari posisi penyerang dan pemain tengah yang terbiasa di bagian sayap. Thomas Doll akan menginformasikan secepatnya dalam waktu dekat ini.

Olahraga | 22:19 WIB

Kerugian akibat kebakaran itu ditaksir mencapai Rp 100 juta

Metropolitan | 14:07 WIB

Peristiwa tawuran tersebut merupakan yang kedua kalinya terjadi dalam sepekan.

Metropolitan | 13:57 WIB

Dinas Perhubungan DKI Jakarta melakukan rekayasa lalin di sekitar sirkuit untuk mengurangi kepadatan kendaraan.

Metropolitan | 11:55 WIB

"Terdapat korban satu jiwa, atas nama Tasya (10 tahun). Diketahui bahwa anak tersebut difabel."

Metropolitan | 10:41 WIB

Akibat insiden ini arus jalan tol sempat tersendat

Metropolitan | 10:10 WIB

Deddy Corbuzier melakukan stem cell dengan tali pusat bayi.

Gosip | 15:03 WIB

Amanda Manopo tetap kena nyinyir warganet yang menudingnya merebut suami orang ketika pamer penampilan barunya yang terlihat lebih muda.

Gosip | 14:18 WIB

Raffi Ahmad berangkat haji bersama keluarga kecuali dua anaknya, Rafathar dan Rayyanza.

Gosip | 14:03 WIB

One Ok Rock terakhir kali mengadakan konser di Jakarta hampir 10 tahun lalu.

Gosip | 14:00 WIB

Inara Rusli menjawab perbandingan warganet dengan jawaban yang menohok

Gosip | 13:42 WIB
Tampilkan lebih banyak