KPK Mulai Turun 'Endus' Asal Usul Harta Kekayaan Sekda Riau, Anak dan Istri SF Hariyanto Doyan Pamer Barang Mewah

KPK akan melakukan penelusuran terhadap harta kekayaan milik Sekda Riau, SF Hariyanto imbas dari anak dan istrinya yang doyan pamer barang dan gaya hidup mewah.

Nurdin Syah
Senin, 27 Maret 2023 | 19:14 WIB
KPK Mulai Turun 'Endus' Asal Usul Harta Kekayaan Sekda Riau, Anak dan Istri SF Hariyanto Doyan Pamer Barang Mewah
Sekda Riau SF Hariyanto memberikan klarifikasi tentang video dari pesta ultah anaknya yang diduga digelar di hotel mewah kelas bintang lima. Dia mengatakan kalau pesta itu digelar di sebuah toko. (Foto: Twitter)

SuaraPekanbaru.id- Akibat doyan pamer harta kekayaan dan bergaya hidup mewah yang dilakukan oleh anak dan istri Sekda Riau, SF Hariyanto, kini bukan hanya menjadi bidikan masyarakat.  

Mata Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) turut menyoroti asal usul harta kekayaan Sekda Riau. KPK akan melakukan pengecekan atas Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) milik SF Hariyanto.

KPK akan menelisik secara dalam, terkait dengan harta kekayaan yang dilaporkan oleh SF Hariyanto.

Hal ini terjadi karena buntut dari aksi pamer istri dan anak Sekda Riau yang doyan pamer harta kekayaan mereka. Video gaya hidup mewah yang kerap disiarkan oleh keluarga SF Hariyanto, menjadi sorotan tajam karena viral di lini jagat maya.

Baca Juga:Anak Sekda Riau SF Hariyanto Disebut Pakai Kalung Hermes Permata Safir Biru Harga Murah 9.500 Tapi Dollar, Itu KW!

"Kami nanti akan cek dulu tentunya terkait ini di Direktorat LHKPN," ucap Kabag Pemberitaan KPK, Ali Fikri, di Gedung KPK, Senin (27/3/2023).

Ali mengatakan jika dari hasil penelusuran ditemukan adanya kejanggalan, maka KPK akan melakukan tindakan lanjut untuk memanggil SF Hariyanto melakukan klarifikasi.

"Karena klarifikasi itu kan pasti dilakukan setelah kami melakukan pemeriksaan dulu.  Pemeriksaan itu tim LHKPN ke lapangan, mengecek harta kekayaan secara factual, Kami memiliki data faktualnya, baru kemudian kami undang untuk klarifikasi," terang Ali Fikri.

Perlu diketahui kalau SF Hariyanto memang telah melapirkan terkait dengan harta kekayaannya. Adapun di dalam LHKPN yang dirilis KPK, disebutkan kalau SF Hariyanto tercatat sudah memberikan laporan kekayaannya sebanyak dua kali. Hal itu disampaikan kepada KPK.

Dalam laporan pertama disampaikan oleh SF Hariyanto pada tanggal 24 April 2015. Kemudian dalam laporan kedua, Sekda Riau ini menyerahkan dalam waktu enam tahun kemudian, tepatnya tanggal 31 Desember 2021.

Baca Juga:Pernyataan Ngaco Sekda Riau SF Hariyanto, Bukti Monolog Ini Sebut Mutiara 88 Hotel The Ritz Carlton

Dalam laporan tahun 2015 total kekayaan milik SF Hariyanto sebesabr Rp2.213 Miliar. Pada tahun 2021, total kekayaannya meningkat dan tercatat Rp 9,7 M.

Ali Fikri mengatakan orang yang diklarifikasi saat karena KPK sudah memiliki data dari factual yang dilakukan di lapangan.

"Jadi orang-orang yang sudah diklarifikasi itu, karena kami sudah memiliki data sebelumnya dari faktual yang ada di lapangan,” kata Ali.

SF Hariyanto Beri Klarifikasi

Sebuah akun mempertanyakan kalung Hermes yang diduga digunakan oleh anak Sekda Riau SF Hariyanto. Ternyata harganya sangat fantastis mahal. [Foto: Twitter]
Sebuah akun mempertanyakan kalung Hermes yang diduga digunakan oleh anak Sekda Riau SF Hariyanto. Ternyata harganya sangat fantastis mahal. (sumber: Foto: Twitter)

Mengumbar kekayaan di media sosial dan kerap pamer barang mewah hingga ditaksir memiliki barang yang harganya ratusan juta, membuat Sekda Riau SF Hariyanto disorot.

Apa yang mereka lakukan dinilai terlalu berlebihan, disaat situasi masyarakat banyak yang kesulitan.

Bahkan istri dari SF Hariyanto, Adrias denga penuh kebanggaan pamer tas mewah miliknya. Harganya pun ditaksir tidaklah murah. Istrinya itu kerap memposting berlibur di luar negeri.

“Tapi karena barang-barang itu istri saya yang pakai makanya dianggap barang asli. Sumpah demi Allah semuanya KW dan di beli di Lorient Second di lantai satu Mangga Dua Jakarta. Kalau tidak percaya silahkan dicek disana,” kata SF Hariyanto yang menyatakan barang istrinya itu adalah tiruan.

Sekda Riau SF Hariyanto memberikan pembelaan terkait dengan gaya hidup istrinya yang pamer kemewahan di media sosial hingga menjadi sorotan netizen. [Foto: Suara.com - Eko Faizin]
Sekda Riau SF Hariyanto memberikan pembelaan terkait dengan gaya hidup istrinya yang pamer kemewahan di media sosial hingga menjadi sorotan netizen. (sumber: Foto: Suara.com - Eko Faizin)

Bahkan Sekda Riau juga mengatakan kalau harga tas milik istrinya tidak sampai ratusan juta.

“Ada tas salah satu brand yang disebutkan seharga ratusan juta. Itu sangat tidak benar. Karena itu barang KW, dibeli dengan harga berkisar antara Rp2 sampai dengan Rp5 juta di Toko Lorient_Second, lantai satu Mangga Dua Jakarta, itu tokonya masih ada, silahkan di kroscek kalau ingin melihatnya" terang Sekdar Riau.

Tak hanya sampai disitu saja, muncul video pesta mewah anaknya yang berulang tahun. Video tersebut viral di media sosial, dan disebutkan oleh MC acara kalau pest aitu digelar di Hotel The Ritz Carlton.

Acara ultah yang diduga anak Sekda Riau, SF Hariyanto menjadi sorotan usai menggelar pesta ulang tahun ke 17 di hotel mewah. [Foto: Twitter]
Acara ultah yang diduga anak Sekda Riau, SF Hariyanto menjadi sorotan usai menggelar pesta ulang tahun ke 17 di hotel mewah. (sumber: Foto: Twitter)

"Selamat pagi Pak SF Hariyanto, Sekda Riau, apakah video pesta di Ritz Carlton ini adalah pesta puteri Bapak? Jika iya apakah hotelnya Ritz Carlton KW dan pestanya cuma pesta imajinasi?" cuit akun Twitter @PartaiSocmed yang diposting pada hari Senin (20/3)lalu.

Namun lagi-lagi kalau SF Hariyanto menyebutkan jika pesta ultahnya itu bukan digelar di hotel mewah bintang lima, melainkan di sebuah toko yang namanya mirip dengan Ritz Carlton.

Sontak saja pernyataan dari Sekda Riau ini menjadi bulan-bulanan netizen hingga Hotman Paris. (*)

Berita

Terkini

Pernyataan surat cerai yang dilayangkan Arya Saloka ke istri, Putri Anne dianggap editan dari haters yang diduga berasal dari fans Ikatan Cinta. Gambar surat cerai tersebut viral berasal dari story Instagram @bulanbumico yang diunggah Instagram @lambe__danu, Selasa (30/5/2023).

Hiburan | 18:03 WIB

Surat cerai yang dilayangkan Arya Saloka terhadap Putri Anne beredar di media sosial. Informasi perceraian Arya Saloka dan Putri Anne diunggah Instagram @lambe__danu yang menangkap hasil story Instagram @bulanbumico. Warganet sebut surat cerai tersebut palsu dan sengaja diedit fans Ikatan Cinta.

Hiburan | 17:15 WIB

Putri Anne semakin menunjukkan sikap barbarnya yang terus senggol Arya Saloka selingkuh dengan Amanda Manopo. Warganet merasa cemas dengan langkah yang diambil Putri Anne pasti akan semakin dihujat oleh haters. Yang notabene haters berasal dari fans Ikatan Cinta atau Aladin.

Hiburan | 16:27 WIB

Istri Arya Saloka, Putri Anne kembali berulah. Sang suami dan Amanda Manopo terus dihujat warganet akibat terlalu mendalami peran mesranya di Ikatan Cinta sampai dibawa ke dunia nyata. Hujatan yang diterima karena Arya Saloka terus menunjukkan suami yang selingkuh ke Amanda Manopo.

Hiburan | 15:48 WIB

Polemik asmara Arya Saloka dan Putri Anne sejak Amanda Manopo hadir terus disorot. Mantan pemeran Andin Ikatan Cinta terus dituding jadi pelakor rumah tangga mereka. Jadi penyebab Amanda Manopo cabut dari Ikatan Cinta walaupun fansnya terus menjodohkannya. Buat Putri Anne sindir Arya dan Amanda.

Hiburan | 15:08 WIB

Marissya Icha bahkan malah mempersilakan mantan pacar Rebecca Klopper untuk langsung melapor ke polisi.

Hiburan | 13:36 WIB

Berawal dari gosip yang menyebutkan Arya Saloka terjebak cinta lokasi dengan Amanda Manopo, saat keduanya terlibat dalam sinetron Ikatan Cinta.

Hiburan | 12:21 WIB

Usai video syur yang tersebar, kini Rizky Pahlevi di sorot oleh publik karena dirinya diduga menyebarkan video tersebut, karena dirinya pernah menjalin hubungan dengan Rebecca Klopper.

Hiburan | 12:00 WIB

Menyusul hasil sidang mediasi antara para prinsipal tidak menemui kesepakatan untuk rujuk, dan Desta bersama Natasha Rizki sepakat untuk berpisah.

Hiburan | 11:58 WIB

Rizky Pahlevi melalui kuasa hukumnya menyampaikan keberatan atas tudingan sebagai pelaku pengancam, pemerasan, dan penyebar video syur mirip Rebecca Klopper.

Hiburan | 11:05 WIB

Dengan dibentuknya Satgas Terpadu Penilaian Gedung dan Nongedung, diharapkan kita dapat bersama-sama mengurangi risiko gempa bumi," ujar Heru.

Metropolitan | 17:13 WIB

"Jadi dimasukkan ke dalam kotak, terus diikat di dalam kotak, di dalam kardus dibawa menggunakan motor, dibuang di TKP kedua (kolong Tol)."

Metropolitan | 16:35 WIB

Tiba-tiba ada dua pengendara sepeda motor melempar benda tumpul."

Metropolitan | 16:12 WIB

Ananda Mikola mengatakan, kebanyakan sponsor Formula E yang sudah meneken kontrak saat ini meruapakan perusahaan swasta.

Metropolitan | 15:43 WIB

Korban FF mengalami lebam dibagian wajah karena dipukul pelaku.

Metropolitan | 14:37 WIB

Ziva Magnoly yang lebih muda tampak menyemangati kakaknya bahwa yang terpenting adalah prestasi.

Gosip | 18:26 WIB

Vior merupakan ambassador dari tim Esports Onic.

Gosip | 18:11 WIB

Inara Rusli mendadak dapat tawaran untuk menjadi istri kedua dari seorang warganet di Instagram.

Gosip | 18:10 WIB

Inara Rusli bilang biaya hidup satu anak sampai dewasa senilai Rp3 miliar.

Gosip | 17:31 WIB

Bebi Silvana kecewa dengan mantan istri Opick, yang membiarkan sebuah kebohongan hingga membuat orang tak berdosa dihujat dan difitnah.

Gosip | 17:03 WIB
Tampilkan lebih banyak