Sahroni Tanya Alasan Konkret Presiden Jokowi Larang Giat Bukber ASN dan Pejabat, Dalih Cegah Covid-19 Tapi

Puhak dari DPR RI, Sahroni mempertanyakan alasan yang konkret terkait dengan kebijakan larangan dari Presiden Jokowi kepada ASN dan pejabat pemerintah untuk tidak menggelar acara buka puasa bersama.

Nurdin Syah
Jum'at, 24 Maret 2023 | 12:16 WIB
Sahroni Tanya Alasan Konkret Presiden Jokowi Larang Giat Bukber ASN dan Pejabat, Dalih Cegah Covid-19 Tapi
Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Ahmad Sahroni mempertanyakan alasan dari pemerintah khususnya Presiden Jokowi melarang adanya giat bukber ASN dan pejabat di lingkungan pemerintah. (Foto: Dok. DPR RI)

SuaraPekanbaru.id- Munculnya larangan bagi para ASN dan pejabat di lingkungan pemerintah, untuk menggelar buka puasa bersama disorot oleh Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Ahmad Sahroni.

Sahroni mengatakan kalau dirinya tidak dalam posisi kontra dengan kebijakan yang dikeluarkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Namun dia mengaku meminta penjelasan lebih konkret, alasan poemerintah mengeluarkan kebijakan tersebut. Jangan sampai larangan buka puasa ASN dan pejabat pemerintah, akan menimbulkan dugaan hingga persepsi di masyarakat.

"Saya bukan ingin dalam posisi kontra dengan kebijakan Pak Presiden. Namun kami rakyat perlu alasan yang lebih konkret, itu saja sebenarnya. Agar tidak terjadi persepsi macam-macam, di masyarakat tentang kondisi negara kita saat ini," terang Sahroni kepada media, Jumat (24/3/2023).

Dirinya khawatir, kalau masyarakat akan memiliki spekulasi yang macam-macam, terkait dengan larangan buka puasa bersama itu. Kendati hanya baru sebatas di lingkungan pemerintah saja, Sahroni ingin supaya kebijakan tersebut, disertai dengan alasan yang lebih kuat.

Baca Juga:CEK FAKTA: Kabar Duka Selimuti Band NOAH Kabarnya Ariel Tewas Alami Kecelakaan, Serius?

"Dengan segala hormat saya agak bingung dengan arahan ini. Dan walaupun hanya berlaku untuk ASN. Namun ini saya rasa bisa menimbulkan kebingungan di tengah masyarakat, tentang apa yang sebenarnya tengah terjadi," ucap Sahroni.

Andai saja kalau alsannya untuk mencegah penularan Covid-19, tapi berkaca kepada kegiatan sebelu, buka puasa, sudah banyak kegiatan dalam skala besar yang diperbolehkan.

Sahroni dalam hal ini mengaku sangat bingung, apa alasan yang sesungguhnya di balik larangan buka puasa bagi para ASN dan pejabat pemerintahan.

"Jika alasannya untuk penanggulangan Covid-19, saya mencatat setahun belakangan ini begitu banyak acara besar yang diselenggarakan tanpa protokol Covid-19 lagi. Konser besar sampai ratusan ribu orang. Acara kenegaraan juga ada yang sampai dihadiri satu juta orang, semuanya dilakukan secara lancar-lancar saja,” ungkap Sahroni.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengimbau kepada pejabat yang ada di lingkungan pemerintah untuk tidak menggelar acara buka puasa bersama. [Foto: Tim media Prabowo Subianto]
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengimbau kepada pejabat yang ada di lingkungan pemerintah untuk tidak menggelar acara buka puasa bersama. (sumber: Foto: Tim media Prabowo Subianto)

“Acara buka puasa ini saya kira sebanyak-banyaknya paling hanya 500 orang," lanjutnya menambahkan.

Baca Juga:Sekda Riau Ketahuan Bohong Bilang Tas KW, Anak Suka Beli Merc Kpop dan Koleksi Tas Mewah Beda Sama Juragan Sawit

Seperti yang diektahui, kalau Presiden Jokowi sudah mengeluarkan arahan utnuk para pejabat dan pegawai pemerintahan, berkaitan dengan penyelenggaraan buka puasa bersama atau bukber di bulan Ramadan 1444 Hijriah.

Kepala Negara menekankan supaya acara gelar buka puasa bersama di bulan Ramadan tahun ini ditiadakan.

Arahan Jokowi tersebut juga tertuang di dalam surat Sekretaris Kabinet Republik Indonesia Nomor 38/Seskab/DKK/03/2023, perihal arahan terkait penyelenggaraan buka puasa bersama. Surat tertanggal 21 Maret tersebut ditandatangani oleh Sekretaris Kabinet Pramono Anung. (*)

Berita

Terkini

Oseng kambing merupakan hidangan yang terkenal. Olahan dari kambing ini biasanya terkenal ketika menjelang idul adha. Tertarik untuk membuat? berikut resep dan cara membuat oseng kambing mercon spesial.

Gaya Hidup | 07:17 WIB

Terungkap Arya Saloka, ternyata Amanda Manopo sudah saling kenal sebelum main bareng di sinetron Ikatan Cinta. Hal ini diakui Arya Saloka saat diwawancara awak media. Soal bahas gosip adanya hubungan Arya Saloka dan Amanda Manopo. Pantas membuat Putri Anne terus frustasi oleh mereka.

Hiburan | 06:49 WIB

Resep terong crispy sampai rasanya kriuk banget. 1. terong 2. telur 3. tepung terigu 4. tepung roti 5. garam 6. penyedap rasa 7. air secukupnya. Tips buat terong crispy juga sangat mudah. Hanya modal oleskan bahan dan masak 4-5 langsung jadi cemilan yang paling enak.

Gaya Hidup | 06:36 WIB

Resep ikan baung asam pedas salah satu menu makanan khas Riau. 1. ikan baung 2. jeruk nipis 3. daun salam 4. daun jeruk 5. sereh 6. daun kunyit 7. garam 8. belimbing wuluh dan nanas 9. bawang merah 10. bawang putih 11. jahe 12. lengkuas 13. kemiri 14. kunyit 15. cabe merah.

Gaya Hidup | 06:22 WIB

Sempat sindir Amanda Manopo pelakor. Putri Anne kembali menunjukkan amarahnya ke Arya Saloka. Pemeran Aldebaran di Ikatan Cinta itu akan kena karma. Meski kesal, Putri Anne masih butuh kehangatan dan pelukan dari suami tercintanya.

Hiburan | 05:56 WIB

Resep jasuke toast jadi cemilan paling enak. 1. buah jagung 2. roti tawar 3. keju 4. krimer kental manis 5. margarin 7. gula halus. Jasuke toast cocok banget jadi ide usaha untuk jualan kecil-kecilan. Cara buat jasuke toast terhitung gampang dengan rasa yang enak dan creamnya sampai lumer banget.

Gaya Hidup | 05:37 WIB

Bocoran pemain baru yang akan perkuat Persija Jakarta di Liga 1 2023-2024. Thomas Doll mengatakan, Macan Kemayoran mencari posisi penyerang dan pemain tengah yang terbiasa di bagian sayap. Thomas Doll akan menginformasikan secepatnya dalam waktu dekat ini.

Olahraga | 22:19 WIB

Pemain asing baru Persija Jakarta, Ryo Matsumura saat diospek punggawa Persija yang lain. Tidak sengaja menganggukkan kepalanya bukti mengenali bintang dewasa asal Jepang, Maria Ozawa saat Riko Simanjuntak menyebut nama aktor itu.

Olahraga | 21:13 WIB

Saat ini gelandang serang baru Persija Jakarta, Ryo Matsumura sudah mengikuti latihan. Sebelum gabung, Ryo ngaku suka baca manga. Judul One Piece dan Boruto jadi sorotan, karena salah satu manga yang paling laku di Indonesia. Kebetulan manga One Piece 1085 versi Bahasa Indonesia sudah dirilis.

Olahraga | 20:21 WIB

Faldy Faisal hadir dalam press conference Dan gala premiere LDR movie dan pertama kali muncul didepan publik.

Gaya Hidup | 19:43 WIB

Dinas Perhubungan DKI Jakarta melakukan rekayasa lalin di sekitar sirkuit untuk mengurangi kepadatan kendaraan.

Metropolitan | 11:55 WIB

"Terdapat korban satu jiwa, atas nama Tasya (10 tahun). Diketahui bahwa anak tersebut difabel."

Metropolitan | 10:41 WIB

Akibat insiden ini arus jalan tol sempat tersendat

Metropolitan | 10:10 WIB

Sampah-sampah tersebut menumpuk hingga memanjang sekitar 200 meter di sodetan tersebut.

Metropolitan | 13:26 WIB

Sukron menabrak pengendara motor hingga tewas di Slipi pada 25 April 2023 lalu

Metropolitan | 07:02 WIB

NCT DoJaeJung artis yang diberi kesempatan berkeliling di rumah Raffi Ahmad.

Gosip | 11:46 WIB

Hal ini diungkap ayah Fadly Faisal, Haji Faisal.

Gosip | 11:45 WIB

Lagu baru Tiara Andini berjudul "Tega" seolah menggambarkan kisah cintanya dengan Alshad Ahmad.

Gosip | 11:20 WIB

Denise Chariesta setiap hari dimaki oleh JK hingga tidak tahan dan memilih pulang ke Indonesia.

Gosip | 10:55 WIB

Putri Delina dikabarkan akan segera menyusul sang kakak, Rizky Febian untuk menikah.

Gosip | 10:46 WIB
Tampilkan lebih banyak