Harta Sekda Riau Dinilai Naik Signifikan Kasus Dugaan Korupsi Ini Turut Seret SF Hariyanto, KPK Diminta Bertindak

KAMMI Riau menilai apa yang disampaikan oleh Sekda Riau SF Hariyanto tidak sesuai dengan apa yang pernah dikatakannya beberapa waktu lalu. Akibat ulah istri dan anaknya yang kerap pamer harta kekayaan dan gaya hidup mewah, menjadi tanda tanya besar masyarakat soal sumber hartanya.

Nurdin Syah
Kamis, 23 Maret 2023 | 08:07 WIB
Harta Sekda Riau Dinilai Naik Signifikan Kasus Dugaan Korupsi Ini Turut Seret SF Hariyanto, KPK Diminta Bertindak
Sekda Riau SF Hariyanto memberikan pembelaan terkait dengan gaya hidup istrinya yang pamer kemewahan di media sosial hingga menjadi sorotan netizen. (Foto: Suara.com - Eko Faizin)

SuaraPekanbaru.id- Gaya hidup hedonisme yang ditunjukan oleh istri dan anak Sekda Riau SF Hariyanto kini sedang dalam bidikan masyarakat.

Pasalnya, istri dan anak SF Hariyanto itu kerap memamerkan barang mewah hingga liburan ke luar negeri di media sosial. Koleksi barang mewah milik anaknya pun kerap dibagikan di akun Instgaram OOTD miliknya.

Terkait dengan hal itu, Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Riau menilai soal ucapan SF Hariyanto. Apa yang dikatakan oleh Sekda Riau sangat berbanding terbalik dengan yang pernah diucapkannya.  

SF Haryanto sebagai pimpinan ASN di Provinsi Riau pernaha menyampaikan, jangan sampai menghabiskan hidup dalam kesenangan semata saja.

Baca Juga:Gaya Hedon Istri dan Anak SF Hariyanto Punya Barang Mewah Ratusan Juta, Gubernur Riau: Sesuaikan Sebagai Pegawai Negeri

"Mari kita ingat bahwa kehidupan tidak boleh dihabiskan dalam kesenangan semata, begitu juga dengan perilaku anak - anak. Semoga tidak ada perilaku semacam itu di Pemerintah Provinsi Riau,” begitu yang pernah diucapkan oleh SF Hariyanto.

Apa yang dikatakan oleh Sekda Riau itu pun mendapatkan sorotan dari Ketua Umum KAMMI Wilayah Riau, Wahyu Andrie Septyo.

"Imbuan berbanding terbalik dengan kebiasaan isterinya yang berlibur ke beberapa negara seperti Prancis, Swiss, Belanda, Italia, hingga Turki. Ditambah gaya flexing tas mewah dan sepatu mahal, yang ditaksir harganya menyentuh angka ratusan juta rupiah,” kata Wahyu Andrie Septyo.

“Pesta ulang tahun anaknya yang digelar tak kalah mewah di hotel bintang lima The Ritz Carlton," lanjutnya.

Terkait dengan beberapa foto yang tersebar di media sosial, Sekda Riau langsung memberikan bantahan terutama terhadap tas mewah yang ditenteng istrinya itu.

Baca Juga:Rumah Mewah Diduga Milik Sekda Riau SF Hariyanto Dibidik Publik, Tebak Alasan Habis KW Terbitlah Rumah Nyewa

Menurut SF Hariyanto barang-barang yang dipamerkan adalah tas KW yang dibeli di Mangga Dua, Jakarta. Namun banyak yang tidak percaya dengan ucapannya.

Apa yang diperlihatkan dengan yang tersebar di media sosial dinilai memiliki corak berbeda.

"Tentu menjadi tanda tanya besar bagi publik, dari mana sumber dana yang didapatkan Sekdaprov Riau untuk membelanjakan isterinya sepatu dan tas mewah, liburan keluar negeri dan pesta ulang tahun mewah tersebut," kata Wahyu keheranan.

Kata Wahyu, dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) Sekda Riau terjadi penambahan yang cukup serius. 

Ulang tahun putri Sekda Riau, SF Hariyanto yang digelar di sebuah hotel mewah menjadi bahan perbincangan dan sorotan tajam masyarakat. Biaya diduga tidak murah [Foto: Twitter - PartaiSocmed]
Ulang tahun putri Sekda Riau, SF Hariyanto yang digelar di sebuah hotel mewah menjadi bahan perbincangan dan sorotan tajam masyarakat. Biaya diduga tidak murah (sumber: Foto: Twitter - PartaiSocmed)

Di LHKPN tanggal 24 April 2015, SF Hariyanto melaporkan hartanya berjumlah Rp 2,39 milliar. Lalu ada kenaikan cukup siginifikan di tanggal 27 Maret 2019 dengan nilai sebesar Rp9,32 milliar. LHKPN pada tanggal 31 Desember 2021 tercatat punya kekayaan Rp9,7 milliar.

 "Catatan LHKPN sejak 2015 hingga terakhir 2021, selalu mengalami kenaikan. Jika dihabiskan untuk liburan, belanja, dan pesta ulang tahun mewah seharusnya berkurang cukup signifikan," kata Wahyu.

Tak hanya itu, beberapa skandal kasus korupsi yang turut menyeret nama SF Hariyanto.

Disebutkan ada dugaan kasus korupsi uang pengganti (UP), ganti uang (GU) dan perjalanan dinas Bapenda.

Istri Sekda Riau SF hariyanto, yang dinilai memiliki gaya hidup mewah dengan koleksi tas yang mahal. Terkait hal ini SF Hariyanto memebrikan pembelaan [Foto: Twitter]
Istri Sekda Riau SF hariyanto, yang dinilai memiliki gaya hidup mewah dengan koleksi tas yang mahal. Terkait hal ini SF Hariyanto memebrikan pembelaan (sumber: Foto: Twitter)

Kemudian kata Wahyu, ada dugaan juga terhadap korupsi kegagalan konstruksi jembatan Siak III Pekanbaru. Sampai perkara korupsi PON Riau ketika dirinya duduk sebagai Kadis PUPR 2014.

"Berbagai kasus korupsi ikut menyeret nama beliau tersebut. Sehingga KAMMI Riau merasa perlu mendesak KPK untuk memeriksa LHKPN dan dugaan korupsi Sekdaprov Riau SF Haryanto,” ucap Wahyu.

Koleksi barang mewah anak Sekda Riau SF Hariyanto bernama Anisa Hadra menjadi sorotan. beberapa barang mewah yang dia pamerkan bernilai fantastis hingga ratusan juta. [Foto: Tangkapan Layar]
Koleksi barang mewah anak Sekda Riau SF Hariyanto bernama Anisa Hadra menjadi sorotan. beberapa barang mewah yang dia pamerkan bernilai fantastis hingga ratusan juta. (sumber: Foto: Tangkapan Layar)

Tentu saja fenomena yang diperlihatkan oleh Sekda Riau pun, menjadi tanda tanya besar bagi masyarakat. Terutama dari mana sumber kekayaan yang dimiliki oleh SF Hariyanto.

“Apakah sudah benar semua LHKPN beliau dilaporkan atau masih ada harta kekayaan beliau yang belum dilaporkan ke LHKPN terakhir beliau. KAMMI RIAU ingin Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk segera memeriksa LHKPN Sekdaprov Riau saat ini," ungkap Wahyu. (*)

Sumber: Riauonline.co.id jaringan Suara.com 

Berita

Terkini

Jessica Mila akhir-akhir ini menjadi sorotan para public mengenai romantisnya hubungan pasangan baru ini.

Hiburan | 16:24 WIB

Dibalik kekecewaan Putri Anne ke Arya Saloka. Ternyata ada sosok pria berinisial F yang berusaha mendapatkan hatinya Putri Anne. Meskipun pria tersebut ditolak Putri Anne. Akibat masih sayang dengan Arya Saloka. Tetapi Putri Anne menantang seberapa besar perjuangannya untuk meluluhkan hatinya.

Hiburan | 16:12 WIB

Yakup Hasibuan memiliki hobi memasak sehingga sang istri pun mengakui bahwa suaminya memang lebih jago memasak dari pada Jessica Mila

Hiburan | 15:47 WIB

Namun, saat dikonfirmasi soal kabar segera lamaran, Putri Delina malah lari terbirit-birit dituntun adiknya, Rizwan.

Hiburan | 15:09 WIB

Usai menggelar usaha jual baju bekas, kini ayu ting ting mengumpulkan uang sebesar Rp40 Juta untuk membeli sembako dan dibagikan kepada masyarakat.

Hiburan | 14:41 WIB

Imbas viral video syur mirip Rebecca Klopper, rupanya berdampak pada kondisi Fadly Faisal yang disebut mendadak drop.

Hiburan | 14:21 WIB

Oseng kambing merupakan hidangan yang terkenal. Olahan dari kambing ini biasanya terkenal ketika menjelang idul adha. Tertarik untuk membuat? berikut resep dan cara membuat oseng kambing mercon spesial.

Gaya Hidup | 07:17 WIB

Terungkap Arya Saloka, ternyata Amanda Manopo sudah saling kenal sebelum main bareng di sinetron Ikatan Cinta. Hal ini diakui Arya Saloka saat diwawancara awak media. Soal bahas gosip adanya hubungan Arya Saloka dan Amanda Manopo. Pantas membuat Putri Anne terus frustasi oleh mereka.

Hiburan | 06:49 WIB

Peneliti ASA Indonesia Institute, Reza Indragiri Amriel menyatakan, bahwa Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo perlu mengeluarkan surat perintah tentang netralitas Polri pada Pemilu Presiden 2024.

Berita | 06:42 WIB

Resep terong crispy sampai rasanya kriuk banget. 1. terong 2. telur 3. tepung terigu 4. tepung roti 5. garam 6. penyedap rasa 7. air secukupnya. Tips buat terong crispy juga sangat mudah. Hanya modal oleskan bahan dan masak 4-5 langsung jadi cemilan yang paling enak.

Gaya Hidup | 06:36 WIB

"(Berdasarkan) pengaduan adanya praktik prostitusi, ditutup selamanya."

Metropolitan | 15:22 WIB

Kerugian akibat kebakaran itu ditaksir mencapai Rp 100 juta

Metropolitan | 14:07 WIB

Peristiwa tawuran tersebut merupakan yang kedua kalinya terjadi dalam sepekan.

Metropolitan | 13:57 WIB

Dinas Perhubungan DKI Jakarta melakukan rekayasa lalin di sekitar sirkuit untuk mengurangi kepadatan kendaraan.

Metropolitan | 11:55 WIB

"Terdapat korban satu jiwa, atas nama Tasya (10 tahun). Diketahui bahwa anak tersebut difabel."

Metropolitan | 10:41 WIB

Inge Anugrah tak menyangka Ari Wibowo akan kesal ketika pertama kali kasus perceraian mereka terbongkar di media.

Gosip | 16:30 WIB

Farah ditinggalkan oleh RR si waketum partai ketika kandungannya berusia sembilan bulan tanpa penjelasan apapun.

Gosip | 16:21 WIB

Masayu Anastasia masih enggan menyebut siapa sosok pacar barunya.

Gosip | 16:13 WIB

Waranet mulai percaya dengan ibunda Virgoun soal Inara Rusli.

Gosip | 16:10 WIB

Cewek yang diduga pacar baru Okin diyakini bernama Regina Phoenix yang seorang dancer dan penyanyi.

Gosip | 15:58 WIB
Tampilkan lebih banyak